Source: http://www.amronbadriza.com/2012/10/cara-membuat-popup-window-di-blog.html#ixzz2QgZ7w0A2

Selamat Datang Di Blog Rams Aroza

Selamat Datang Di Blog Rams Aroza

Selasa, 16 April 2013

Resep Kimchi

  
Bahan :
- 3 buah sawi putih
- 3 buah wortel, potong korek api
- 1 buah lobak, kupas dan potong korek api
- 7 batang daun bawang, potong korek api
- 250 gram garam untuk menggarami sawi

Bahan Pasta Kimchi :
- 65 gram tepung beras
- 750 ml air
- 300 gram cabai bubuk Korea
- 250 ml saus / kecap ikan
- 125 gram gula pasir
- 1 butir bawang bombay ukuran besar, cincang halus
- 70 gram bawang putih, haluskan
- 1 sendok makan jahe cincang halus

Cara Membuat Kimchi :
  • Cucilah sawi terlebih dahulu pada seluruh bagian dan daunnya hingga bersih, kemudian ambil 1 genggam garam dapur, buka lembaran daun sawi satu persatu dan taburkan garam diantara sela-sela sawi hingga merata. Pastikan semua lembaran sawi terkena garam dan berikan porsi garam yang lebih banyak pada pangkal batang sawi yang keras.
  • Siapkan 1 buah baskom besar yang tidak beraksi dengan garam, kemudian tata sawi yang telah digarami terlebih dahulu ke dalam baskom plastik, lalu biarkan selama 2 jam.
  • Setelah dibiarkan selama 2 jam, sawi akan menyusut bobotnya dan baskom akan terbentuk genangan air yang banyak.
  • Setelah 2 jam. cuci bersih masing-masing sawi di bawah air yang mengalir hingga garam benar-benar hilang, dan bilaslah berulang-ulang hingga 3 kali agar sawi bersih dengan garam. 
  • Setelah kimchi dicuci bersih dengan air, diamkan sebentar dan saatnya untuk membuat pasta kimchi.
  • Siapkan panci, kemudian masukkan tepung beras dan air, lalu aduk-aduk hingga tepung beras larut dan adonan mengental.Ketika muncul letupan pertama, segera matikan kompor, lalu tambahkan gula pasir dan aduk hingga gula larut. Biarkan bubur tepung dingin.
  • Setelah itu siapkan baskom besar, tuangkan bubur tepung beras ke dalamnya, lalu tambahkan cabai bubuk, kemudian aduk rata dengan menggunakan spatula. Tambahkan kecap ikan, jahe, bawang bombay, bawang putih, lalu aduk hingga rata.
  • Masukkan daun bawang, lobak dan wortel, lalu aduk hingga rata.
  • Pakailah sarung tangan plastik yang bersih agar terhindar dari iritasi saat membumbui sawi dengan pasta pedas. Ambil 1 buah sawi, pegang dengan tangan kiri, letakkan di atas mangkuk yang berisi pasta, dengan tangan kanan buka lembaran-lembaran sawi dan olesi pasta pada setiap lembarannya. Pastikan semua helai daun rata dan terkena pasta.
  • Setelah itu masukkan sawi yang telah dibumbui ke dalam toples besar. Hindari mengisi toples terlalu penuh, karena kimchi akan mengeluarkan air yang banyak. Tutup toples rapat-rapat dan biarkan selama 2 hari agar terjadi proses fermentasi. 
  • Setelah itu kimchi siap untuk dihidangkan.
Gimana dengan resep kimchi diatas ? Cukup mudah untuk dicoba dan dipraktekkan sendiri di rumah bukan, sekarang tunggu apa lagi silahkan dicoba dan rasakan rasa kimchi yang menggugah selera. Terima kasih atas perhatiannya dan selamat mencoba.^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar