Source: http://www.amronbadriza.com/2012/10/cara-membuat-popup-window-di-blog.html#ixzz2QgZ7w0A2

Selamat Datang Di Blog Rams Aroza

Selamat Datang Di Blog Rams Aroza

Selasa, 16 April 2013

Resep Dan Cara Membuat Black Forest Sederhana


Kumpulan Resep Black Forest dan cara membuat black forest sederhana dengan mudah dan praktis - Black Forest adalah salah satu jenis cake yang berasal dari negeri Jerman, yang mempunyai banyak penggemar di seluruh dunia. Kue atau cake ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi dengan krim segar, serutan coklat dan buah ceri yang membuat penampilan cake ini menjadi lebih menarik. Selain itu Black Forest merupakan salah satu kue favorit yang sering disajikan pada saat acara-acara tertentu atau acara istimewa, seperti ulang tahun, pernikahan, lebaran dan sebagainya.

 
Sumber gambar : blogspot.com
Tidak hanya itu, Black Forest juga mempunyai rasa dan aroma yang khas, dibandingkan dengan jenis cake lainnya. Ciri utama dari cake ini ialah berwarna coklat, dan dikenal dengan sebutan Black Forest Cake. Bagi sahabat Cantikinfo yang ingin mencoba membuat Black Forest sendiri di rumah, silahkan lihat selengkapnya dalam artikel berikut ini mengenai cara membuat black forest dengan mudah dan praktis.

Resep Black Forest

Resep Black Forest Klasik

    
Bahan :
- 8 butir telur
- 100 gram tepung terigu protein sedang
- 100 gram mentega, lelehkan
- 200 gram gula pasir
- 60 gram coklat bubuk
- 40 gram tepung maizena
- 1 sendok makan emulsifier
- 1/4 sendok teh vanili

Hiasan :
- 1 kaleng cherry hitam, saring dan pisahkan airnya
- 500 gram krim kocok / butter cream
-100 gram Dark Cooking Chocolate (DCC)
-  10 buah cherry merah

Cara Membuat :
  • Campur tepung terigu, coklat bubuk dan tepung maizena, lalu aduk hingga rata. Setelah itu kocoklah telur, gula dan emulsifier hingga mengembang dan kental sekitar 10 - 15 menit.
  • Masukkan campuran tepung sambil diayak, lalu aduk hingga tercampur rata. Kemudian masukkan mentega yang sudah dilelehkan, lalu aduk hingga rata.
  •  Tuang adonan trsebut dalam 3 buah loyang ukuran 22x22x4 cm, lalu masukkan ke dalam oven dengan suhu 180 Celcius dan biarkan selma 20 - 25 menit, sampai black forest matang.
  • Angkat dan dinginkan, setelah itu basahi dengan air cherry hitam, kemudian letakkan satu lapis cake, oles dengan butter cream, lalu atur belahan cherry hitam di atasnya. Tumpuk diatasnya cake lapisan kedua, oles butter cream dan taruhlah cherry hitam lagi diatasnya, tumpuk lagi dengan lapisan cake teratas. Jangan lupa untuk membasahi cake dengan air cherry hitam.
  • Setelah selesai, rapikan cake tersebut dan oleh seluruh cake dengan butter cream, lalu hias dengan dark chocolate serut/pagar hingga cake tertutupi oleh coklat. Semprotkan butter cream, hias atasnya dengan buah cherry merah.
Resep Black Forest Caramel Cream

   
Bahan Cake :
- 10 kuning telur
- 4 putih telur
- 150 gram gula pasir
- 125 gran margarin
- 75 gram tepung terigu protein sedang
- 25 gram coklat bubuk
- 15 gram susu bubuk
- 1 sendok teh coklat pasta
- 1/2 sendok teh baking powder

Bahan Cream Caramel :
- 200 ml air es
- 200 ml susu cair hangat
- 100 gram krim bubuk
- 100 gram milk cooking chocolate, potong-potong
- 75 gram gula pasir
- 25 gram tepung maizena
- 1/4 sendok teh garam
- 2 kuning telur, kocok lepas
- 5 lembar gelatin, rendam, peras

Bahan Isi :
- 200 gram dark cherry, belas dua

Bahan Sirup (aduk rata) :
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok makan air panas
- 2 sendok makan rhun

Bahan Toping :
- 150 gram dark cooking chocolate, serut lebar

Cara Membuat :
  • Oleskan margarin pada 2 buah loyang dengan diameter 22 cm dan tinggi 3 cm, setelah itu alasi dengan kertas roti, lalu sisihkan.
  • Untuk membuat cake, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang, lalu masukkan tepung terigu, susu bubuk, coklat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk hingga rata.
  • Panaskan  margarin hingga meleleh, lalu tambahkan coklat pasta, aduk rata, dan tuang sedikit-sedikit ke dalam kocokan telur sambil diaduk secara perlahan-lahan.
  • Kemudian tuang le dalam loyang yang telah dilapisi kertas roti, masuukan ke dalam oven selama 25 menit dengan suhu 190 derajat Celcius hingga matang.
  • Untuk membuat cream carame, kocok krim bubuk dan air es hingga setengah mengembang, setelah itu dinginkan dalam lemari es. 
  • Gosongkan gula pasir, lalu masukkan susu cair, dan aduk hingga larut, angkat. Aduk rata campuran susu, maizena, dan garam, kemudian rebus sambil diadiuk diatas api dengan suhu sedang, hingga mengental. Tambahkan milk cooking chocolate, aduk hingga larut, matikan api. Setelah itu masukkan kuning telur, aduk hingga rata, lalu nyalakan api, masak lagi sambil diaduk hingga matang. Tambahkan galatin, aduk hingga larut, angkat.
  • Tuang sedikit-sedikit ke dalam kocokan krim sambil dikocok perlahan-lahan.
  • Setelah itu ambil selembar cake, oleskan dengan bahan sirup, kemudian oles dengan cream caramel. Tata dark cherry diatas, tutup dengan cake, lalu oles dengan bahan sirup, tutup selurih permukaan cake dengan sisa cream. Lalu dinginkan ke dalam lemari es.
  • Tutup seluruh permukaan cake dengan serutan dark cooking chocolate.
  • Black Forest Caramel Cream siap untuk dihidangkan.
 Resep Black Forest Cupcake

  
Bahan :
- 200 gram coklat masak pekat, lelehkan
- 125 gram mentega tawar
- 100 gram cherry hitam kalengan, cincang kasar
- 100 ml susu cair
- 75 gram gula pasir
- 2 butir telur ayam
- 4 sendok makan rum

Bahan yang diayak :
- 150 gram tepung terigu
- 1 sendok makan coklat bubuk
- 1 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh garam

Topping kocok hingga lembut :
- 300 gram whipped cream bubuk
- 150 ml susu cair dingin
- 2 sendok makan rum

Hiasan :
- 150 gram coklat masak pekat, serut kasar
- 150 gram coklat masak putih, serut kasar
- 12 buah manisan ceri merai bertangkai

Cara Membuat :
  • Untuk membuat cake, kocok mentega dan gula pasir hingga lembut, kemudian masukkan telur ayam satu persatu sambil terus dikocok hingga rata. Setelah itu masuukan cherry hitam, susu cair dan coklat yang telah dilelehkan, aduk hingga rata. Lalu masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga rata. 
  • Tuang adonan tersebut ke dalam cup kertas berbentuk bulat dengan diameter 4 cm sebanyak 3/4 (jangan sampai penuh), lalu panggang ke dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 30 menit. Setelah itu angkat dan dinginkan.
  • Setelah itu semprot permukaan cupcake dengan bahan toping yang sudah dimasuukan ke dalam kantong semprot, dengan spuit berbentuk bintang ukuran kecil. Bentuk permukaan di atas cake dengan rata dan hingga permukaan cake tertutup semua. Kemudian hiasi dengan coklat serut diatasnya, llau letakkan 1 tangkai manisan cherry merah diatasnya.
Resep Puding Black Forest

  
Bahan :
- 200 gram coklat batang
- 90 gram dark cooking powder (coklat bubuk)
- 3 bungkus agar-agar putih
- 1 kaleng susu encer
- 1 kaleng susu kental manis
- 4 buah telur, kocok
- 1/2 kg gula pasir

Topping (whipped cream) :
- 200 gram tepung whipped cream
- 1 kaleng susu encer
- Dark sweet chocolate (batangan) secukupnya, dipatut / diris tipis

Cara Membuat Puding :
  • Larutkan coklat bubuk dengan menggunakan 225 cc air hangat ( 1 gelas ukuran sedang), kemudian siapkan air untuk mencampur bahan-bahan puding. Umumnya 1 bungkus agar-agar akan membutuhkan 900 cc air atau 4 gelas ukuran sedang. Jadi jika memakai 3 bungkus agar-agar makan akan dibutuhkan 12 gelas air, termasuk air yang sudah digunakan untuk melarutkan coklat bubuk tadi.
  • Kemudian, masukkan coklat bubuk yang sudah dilarutkan, coklat batang, susu encer, susu kental manis, gula pasir dna telur ke dalam wadah yang berisi air. Lalu masak hingga mendidih sambil diaduk. Jika sudah mendidih, tuang secara perlahan ke dalam wadah puding dan dinginkan.
Cara Membuat Topping :
  • Masukkan tepung whipped cream ke dalam wadah, larutkan dengan 100 cc air es. Setelah itu tuang susu encer, kemudian aduk cepat dengan menggunakan mixer, hingga mengembang selama 3-4 menit. 
  • Oleskan diatas puding yang telah dingin, ratakan, lalu tabur coklat yang telah diparut, dan puding siap untuk dihidangkan.
Demikian kumpulan resep black forest dan cara membuat black forest sederhana diatas, silahkan dicoba dan dipraktekkan di rumah ya.. Dan rasakan black forest buatan sahabat sendiri. Terima kasih atas perhatiannya dan sampai bertemu lagi dalam artikel selanjutnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar