Source: http://www.amronbadriza.com/2012/10/cara-membuat-popup-window-di-blog.html#ixzz2QgZ7w0A2

Selamat Datang Di Blog Rams Aroza

Selamat Datang Di Blog Rams Aroza

Kamis, 25 April 2013

Makalah Tentang Manajemen Waktu


Makalah Tentang Manajemen Waktu

Betapa sering kita mendengar pepatah mengatakan “waktu adalah uang”. Sesungguhnya, jika kita ingin mengatur kehidupan kita atau membuat agar kehidupan kita menyenangkan, sebagai awal yang kita perlukan adalah mengatur waktu. Pengaturan waktu yang efektif merupakan hal yang mendasar untuk lingkup berbagai kehidupan. Tetapi pada kenyataannya, sering kali terdapat perbedaan antara pencapaian kehidupan sejati.
Tak mengejutkan jika seluruh industri pengatur waktu menjadi sebuah kebutuhan. Tetapi jika kita meninjau lebih dalam, kita akan dapat melihat bahwa sebenarnya pengaturan waktu tak bedanya dengan manajemen diri. Karena pada kenyataany, kita tak dapat mengatur waktu, ttetapi kita dapat mengatur diri sendiri dan apa yang kita lakukan dalam setiap kesempatan.
Sukses merupakan hasil dari kebiasaan. Oleh sebab itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah bagaimana kita menggunakan waktu, yaitu dimulai dengan kebiasaan kita (kontrol diri). Dan kebiasaan ini dimulai sebagai pembuatan keputusan secara sadar.
Sekali kita bisa, seterusnya kebiasaan bagus ini jadi hal alami. Suksesbukan dihasilkan dari yang tak biasa, tetapi lebih sebagai hasil dari kemampuanseseorang untuk menguasai keduniawian. Sejalan dengan waktu aktivitas ini akan berubah menjadi pencapaian besar.
Berikut beberapa pengaturan waktu yang lebih baik:
A.    Jangan mengguhkan
Melakukan pekerjaan saat ini juga. Saat orang menunda sesuatu, itu berarti membunuh daya gerak pencapaian pada tujuan saat ini dan menghalangi kesempatan di masa mendatang lantaran waktu yang tersumbat. Cara untuk mencegah penundaan adalah dengan merancang deadline untuk tujuan yang harus dicapai. Menghindari deadline terakir membawa penundaan yang diatur sebagai perantara untuk setingkat demisetingkat menuju tujuan.
B.     Lacak Aktivitas Kita
Memori adalah penuntun yang susah, jika ini berhibungan dengan menetapkan bagaimana kita melewatkan waktu kita. Cara terbaik untuk merekam aktivitas kita sepanjang hari adalah dengan mendata apa yang kita telah lakukan. Membatasi kegiatan-kegiatan yang kurang begitu penting.
C.     Berkonsentrasi pada Hasil
Melewatkan waktu sepanjang hari dengan aktivitas, tetapi hanya sedikit membuahkan hasil. Karena itu semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Aktivitas memang kadang dapat membebaskan dari tekanan tetapi itu tidak mencapai tujuan kita. Dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit prioritas untama secara teratur. Kita dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.

D.    Menggunakan Waktu Perjalanan dengan Bijaksana
Sangat mudah untuk mengabaikan waktu yang dilakukan untuk menempuh poerjalanan dalam penafsiran manajemen waktu. Pertimbangan dengan hati-hati merupakan waktu yang sesuai dimana kita dapat menggunakannya secara lebih produktif.
E.     Membangun Rancangan Aksi
Sebuah rencana tindakan merupakan daftar pendek dari tugas yang harus dilengkapi untuk mencapai sebuah tujuan. Ini berbeda dengan To Do List dimana fokus utamanya adalah mencapai tujuan,dari pada hanya membuat tujuan untuk dicapai dalam periode waktu. Kapanpun kita ingin mencapai sesuatu, buat gambaran gelombang rencana tiondakan, ini akan memberi kita kesempatan untuk lebih berkonsentrasi pada tahap pencapaian itu, dan memonitor kemajuan dalam perwujudan.
F.      Merespon dengan Cepat
Sebagai contoh, ketika menerima surat. Jangan biarkan tagiahn dan surat-surat itu membebani kita. Jika kita tidak dapat membalas sebuah surat itu juga, membuat file ditempat khusus yang mudah dilihat dan tuliskan di amplop tanggal dimana kita menyelesaikannya.
G.    Bersifat Tegas
Belajar berkata tidak pada orang lain. Waktu kita sangat berharga. Jadi jangan biarkan orang lain menentukan atau memanfaatkan kita untuk kepentingan rencana mereka. Batasi gangguan sebisa mungkin. Tutup pintu anda, matikan nada dering telepon atau meminta dengan terus terang agar kita tidak diganggu.
H.    Menjadwal Waktu untuk Bersantai
Saat kita mengatur waktu kita dapat pastikan untuk menyisihkan saat untuk bersantai.
Waktu
Kegiatan yang Dilakukan
5.30
5.30 – 5.45
5.45 – 6.30
6.30 – 7.00
7.00 – 7.15
7.15 – 12.00
12.00 – 12.30
12.30 – 12.45
12.45 – 14.30
14.30 – 16.00
16.00 – 16.30
16.30 – 17.30
18.00 – 18.15
18.15 – 18.35
18.35 – 19.00

19.00 – 22.00
22.00
Bangu pagi
Mencuci muka
Masak
Mandi
Sarapan
Berangkat ke kampus
Pulangdari kampus
Makan siang
Istirahat
Mengerjakan tugas
Rapi-rapi kamar
Mandi dan mencuci pakaian
Sembahyang
Makan malam
Kumpul-kumpul bersama teman saru asrama
Belajar
Istrahat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar